Selasa, 02 Juni 2009

Profosal Tugas Akhir

1. Judul
“Sistem Informasi Penggajian Pegawai Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi Memanfaatkan Web”
2. Latar Belakang
Sebagai salah satu penerimaan yang sah akibat hubungan kerja, gaji adalah salah satunya, dimana setiap pegawai yang bekerja pada suatu perusahaan berhak untuk mendapatkan gaji berdasarkan peraturan atau ketentuan penggajian yang berlaku di perusahaan. Mengingat setiap pekerja dalam organisasi mempunyai pengharapan atas sesuatu dari organisasi, sebagai penghargaan atas jerih payah pekerja selama bekerja.
Masalah pemberian gaji bukan hanya penting karena merupakan dorongan utama seseorang untuk menjadi karyawan, tetapi juga karena gaji yang diberikan ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap semangat dan kegairahan kerja para personil organisasi. Gaji merupakan sesuatu yang sangat penting sebagai pendapatan bagi para pegawai sehingga diperlukan suatu sistem pengolahan data penggajian yang tepat.
Begitu juga pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi, masalah penggajian merupakan sesuatu yang sangat penting sehingga dibutuhkan suatu sistem informasi penggajian pegawai yang dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menyampaikan informasi. Dengan menggunakan teknologi komputer sebagai alat pengolahan data penggajian, maka sistem informasi penggajian diharapkan dapat mengolah data gaji dengan tepat. Sistem informasi penggajian merupakan salah satu bentuk perangkat lunak yang dapat menyampaikan informasi tentang data gaji yang akan diterima setiap pegawai.
Pada saat ini sistem penggajian yang diterapkan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi memang sudah terkomputerisasi, namun belum berupa jaringan sehingga sering terjadi keterlambatan dalam penerimaan data yang berhubungan dengan data-data gaji dan mengakibatkan kinerja yang ada menjadi tidak efektif. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mencoba untuk membuat suatu aplikasi sistem informasi penggajian yang berbasiskan web, sehingga setiap bagian akan terhubung antara satu dengan yang lain yang berkaitan dengan pengolahan data gaji tersebut. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut maka judul yang penulis ambil dalam skripsi ini adalah “SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) MEMANFAATKAN WEB”.
3. Identifikasi Masalah
Setiap perusahaan selalu dihadapkan pada permasalahan dalam menjalankan suatu kegiatan baik itu perusahaan yang bertujuan mencari laba maupun perusahaan yang tidak mencari laba. Mulai dari masalah yang sangat sederhana sampai pada masalah yang cukup kompleks. Semua itu membutuhkan perhatian dan penanganan yang lebih mendalam agar masalah tersebut dapat teratasi.
Adapun masalah yang dapat diidentifikasikan adalah :
1. Masih kurang jaminan akan tempat penyimpanan data-data penggajian dengan aman dari berbagai macam gangguan, seperti data itu hilang ataupun mungkin rusak karena rayap misalnya karena data telah lama tersimpan dalam lemari penyimpanan berkas, meskipun ada data yang sebagian tersimpan di dalam komputer.
2. Ada keterlambatan dalam penerimaan data gaji, sehingga terjadi keterlambatan pula dalam pengolahan data dan berakibat informasi yang dibutuhkan akan diterima dengan lambat.
4. Batasan Masalah
Dengan mengidentifikasikan terhadap masalah-masalah yang ada, agar lebih terarah dan dapat dipahami dengan mudah, maka perlu dilakukan pembatasan masalah. Pembatasan terhadap masalah penggajian pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sukabumi tersebut antara lain :
1. Analisa dan penelitian yang dilakukan hanya sebatas menangani masalah pengolahan data penggajian bagi karyawan tetap.
2. Analisa pengolahan data yang dilakukan ini menggambarkan prosedur tentang pengolahan data gaji dan akan menghasilkan sistem informasi penggajian yang dipergunakan sebagai laporan gaji pegawai.
3. Tahapan metode pengembangan yang digunakan dalam perancangan sistem informasi penggajian ini hanya sampai pada tahap testing atau pengujian.
4. Tidak membahas potongan gaji karyawan
5. Tidak membahas pinjaman karyawan kepada perusahaan
5. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh atau mengumpulkan data yang berhubungan dengan sistem penggajian dalam usaha meningkatkan efektifitas penggajian yang berada di lingkungan kerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sukabumi sebagai dasar penyusunan Tugas Akhir dalam rangka menyelesaikan Tugas Akhir guna memperoleh gelar Diploma, Jurusan Teknik Komputer, Politeknik Sukabumi.
Manfaat yang diperoleh penulis dari penelitian yang dilakukan tentang sistem informasi penggajian, adalah :
1. Dapat mengetahui bagaimana prosedur penggajian yang sedang berjalan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sukabumi.
2. Dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan konsistensi data dengan merancang dan membuat aplikasi perangkat lunak yang berbasis komputer.
3. Dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efektifitas dalam melakukan pengolahan data penggajian dan sistem informasi penggajian yang dihasilkan dengan memperkecil kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang akan terjadi.
4. Dapat membuat program aplikasi yang dapat menjadikan suatu sistem penggajian terintegrasi (saling berhubungan) sehingga akan membentuk suatu kesatuan antar bagian yang berhubungan dengan sistem penggajian tersebut.
6. Metodologi Penelitian
Metodologi penulisan dapat diartikan sebagai cara mencapai suatu tujuan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, penelitian merupakan usaha untuk menemukan dan mengembangkan terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah. Cara kerja tersebut dalam penelitian disebut metodologi penelitian.
Penggunaan metodologi yang tepat dalam penelitian akan memberikan gambaran yang jelas, bagaimana suatu masalah akan dibahas. Oleh karena itu dalam pembahasan tugas akhir ini menggunakan metode Descriptif Analis, yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun, mengklasifikasi, menganalisa, serta menginterprestasikan.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah :
1. Field Research (Riset Lapangan) adalah penelitian yang dilakukan secara langsung pada objek penelitian, dimana untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik yaitu :
a. Teknik Wawancara atau Interview
Teknik wawancara atau interview yaitu dengan mengadakan wawancara langsung dengan pihak yang berwenang untuk mendapatkan penjelasan-penjelasan terhadap masalah yang menjadi objek pengamatan atau pembahasan.
b. Teknik Pengamatan atau Observasi
Teknik pengamatan atau observasi yaitu dengan mengadakan peninjauan langsung terhadap pelaksanaan kegiatan yang menjadi data pembahasan.

2. Library Research (Riset Kepustakaan) adalah suatu metode untuk memberikan kesimpulan mengenai data yang bersifat teoritis yaitu dengan jalan membaca buku, majalah, koran dan catatan-catatan serta sumber-sumber lain yang berkaitan dengan maksud penelitian.
7. Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di PT. Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi sebagai perusahaan penyedia air bersih yang beralamatkan di jalan Bhayangkara N0. 207 Kota Sukabumi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai Bulan Maret sampai Bulan Juni 2009.

8. Sistematika Penulisan
Agar setiap bahasan mudah dimengerti dan tersusun secara sistematis, maka penulis membagi 5 bab, yang masing-masing bab akan menguraikan hal-hal pokok sebagai berikut:
Tugas akhir ini ditulis dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Di dalam bab ini penulis akan membahas kerangka penelitian dalam tugas akhir yang meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian, batasan masalah, lokasi dan waktu penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Di dalam bab ini penulis akan memuat dasar-dasar teori yang mendukung dan mendasari dalam penulisan ini yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas.

BAB III TINJAUAN TERHADAP SISTEM BERJALAN
Di dalam bab ini penulis akan membahas sejarah instansi, visi dan misi instansi, struktur organisasi, deskripsi kerja, ketentuan perusahaan dalam proses pembayaran rekening air, dan flowchart sistem dari sistem yang berjalan.


BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Di dalam bab ini penulis akan menguraikan analisis dokumen, analisis prosedur, flowchart sistem dari sistem yang diusulkan, diagram alir data, Normalisasi dan Entity Relationship Diagram, Kamus Data, serta Struktur Database.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Di dalam bab ini penulis membahas mengenai kesimpulan dari penyelesaian masalah dan menguraikan saran-saran.
9. Landasan Teori
A. Pengertian Sistem Informasi
Sistem dapat didefinisikan sebagai sekumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan melalui berbagai bentuk interaksi an bekerj sama untuk mencapai suatu tujuan berguna. Sedangkan informasi adalahsuatu data yang dioleh menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Pengertian sistem informai dapat dilihat dari segi fisik dan fngsinya. Dari segi fisiknya dapat diartikan susunan yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan tenaga pelaksananya yang secara bersama-sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk. Sedangkan dari segi fungsi informai merupakan suatu proes berurutan dimulai dari pengumpulan data dan diakhiri dengan komunikasi/desiminasi.
B. Pengertian PHP
PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page yang diartikan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan web yang disisipkan melalui dokumen HTML.
PHP mengenal 8 jenis tipe data, yaitu:
• Integer
• Floating point number
• String
• Boolean
• Array
• Object
• Resource
C. Pengertian MySQL
MySql adalah multi user database yang menggunakan bahasa Structured Query Language (SQL), yang berfungsi untuk :
• Mengubah struktur sebuah database
• Mengubah pengaturan keamanan
• Memberikan hak ases kepada pengguna untuk mengakses database atau tabel
• Memperoleh informasi dari database
• Memutakhir isi dari database




DAFTAR PUSTAKA

Politeknik Sukabumi. Buku Panduan Tugas Akhir Program Diploma III. Sukabumi: Politeknik Sukabumi.
Syafii, M. 2004. Membangun Aplikasi dengan PHP dan MySql. Yogyakarta: Andi.
Supriansyah, Haris dan Kartoyo. 2007. 30 Menit Menjadi Web Master. Bandung: OASE Mata Air Makna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar